Rabu, 09 Desember 2020

UPTD PUSKESMAS DUREN

JL. Kendalisodo No.19 Kec. Bandungan, Kab. Semarang

Telp. 0298-711355

MOTTO

PUSKESMAS DUREN MELAYANI DENGAN HATI

Berada di Kabupaten Semarang tepatnya kecamatan Bandungan. Puskesmas Duren mempunyai 2 Pustu yaitu Pustu Bandungan dan Pustu Candi. Di Puskesmas Duren juga terdapat Klinik IMS (Infeksi Menular Seksual).

VISI

Menjadi pusat pelayanan kesehatan yang bermutu dan mandiri dengan menerapkan sendi –sendi pelayanan prima, serta terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat

MISI

1          Menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara paripurna dan bermutu, dilaksanakan oleh tenaga yang perofesional, serta terjangkau oleh seluruh masyarakat

2          Meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia dalam pelaksananan pelayanan kesehatan, secara berkelanjutan.

3          Mengembangkan sarana dan mutu pelayanan sesuai kebutuhan masyarakat.

4          Mengembangkan kompetensi sumber daya manusia yang tersedia, dalam upaya mewujutkan peningkatan pelayanan kesehatan.

5          Meningkatkan pembinaan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan sehingga masyarakat bisa mandiri.

KEGIATAN PUSKESMAS DUREN

Program pelayanan di Puskesmas antara lain Dalam Gedung dan Luar Gedung.

Pelayanan Dalam gedung antara lain:

  • Pelayanan BP Umum
  • KIA dan KB
  • BP Gigi
  • Laboratorium
  • Klinik Gizi dan Sanitasi
  • Klinik IMS (infeksi Menular Seksual
Puskesmas Duren melaksanakan juga UKK (Upaya Kesehatan Kerja) yang bekerja sama dengan kelompok tani, pengusaha hotel, industri tahu serasi, industri Torakur  diwilayah kerja Puskesmas Duren.

Sedangkan Pelayanan Luar Gedung antara lain:

  • UKGS (Usaha KesehatanGigi  Sekolah) yang merupakan integrasi dari UKS (Usaha Kesehatan sekolah). Dalam Kegiatan ini dilakukan penjaringan yaitu berupa pemeriksaan kesehatan umum antara lain pemeriksaan telinga, mata, kuku, THT dan pemeriksaan gigi antara lain pengobatan bagi yang sakit, pencabutan gigi goyang derajat 3, rujukan pada kasus yang tidak bisa dilakukan pada saat itu, dengan tujuan supaya derajat kesehatan  anak sekolah meningkat sehingga tercapai derajat kesehatan yang optimal. 
  • UKGM (Usaha Kesehatan Gigi Masyarakat) yang bekerja sama dengan posyandu, kegiatannya antara lain melakukan upaya promotif yaitu dengan penyuluhan dan preventif dengan memberdayakan kader dan melatih kader supaya dapat melakukan pemeriksaan sederhana sehingga dapat melakukan rujukan

Demikian profil singkat tentang UPTD Puskesmas Duren, semoga bermanfaat^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar